Jumat, 25 Mei 2012

media pembelajaran dengan ular tangga


MANUAL MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Mata pelajaran      : bahasa Arab
Materi                   : Kalam, mufradat, dan tarkib
Tingkat                  : VIII MTs
Bahan media          : kertas petak permainan ular tangga, kartu pertanyaan, dadu, dan maskot
Nama media          : permainan ular tangga

Langkah pembuatan :
Permainan ular tangga adalah salah satu jenis permainan tradisional yang mendunia. Permainan ini merupakan jenis permainan kelompok, melibatkan beberapa orang dan tidak dapat digunakan secara individu. Media ini digunakan untuk mengulang (review) pelajaran yang telah diberikan. Media pembelajaran dengan menggunakan permainan ular tangga ini terdiri dari 4 bagian yaitu; kertas petak permainan, kartu pertanyaan, dadu dan maskot. Untuk membuat media ini sangatlah sederhana. Kita dapat memperoleh permainan ular tangga di toko-toko mainan. Namun jika kita ingin membuatnya sendiri, kita dapat memodifikasi sedemikian rupa seperti apa yang kita inginkan. 

Bahan-bahan yang dapat dijadikan bahan pembuatan media ini yaitu antara lain;
  1. Kertas manila atau kertas buffalo polos
  2. Penggaris
  3. Tinta, baik tinta spidol ataupun tinta printer jika kita membuat petak permainan dengan komputer.
  4. Spidol warna-warni
  5. Dadu, (bisa beli atau membuatnya sendiri)
  6. Bidak/maskot digunakan peserta
  7. Kartu pertanyaan (kita sesuaikan dengan materi SKKD bahasa Arab)
Langkah-langkah penggunaan:
  1. Bagilah siswa ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang peserta dengan 1 orang wasit
  2. Sebelum permainan dimulai, jelaskan bahwa mereka akan bermain ular tangga dan tanyakan apakah mereka pernah bermain permainan tersebut.
  3. Berikan setiap kelompok 1 set mainan ular tangga terdiri dari petak permainan, kartu pertanyaan, dadu dan beberapa maskot atau bidak. ( mintailah mereka agar tidak mencoreti kertas permainan karena bisa digunakan untuk kelas lain ).
  4. Jelaskan pada mereka, jika mereka berhenti pada gambar tangga akan naik, jika berhenti pada gambar ular akan turun, dan jika berhenti pada petak pertanyaan maka mereka harus menjawab pertanyaan tersebut.
  5. Dalam penentuan pemain pertama, pemain kedua, pemain ketiga dan seterusnya ditentukan lewat undian atau melakukan “hom pim pah”.
  6. Pada gilirannya, pemain melempar dadu dan dapat melangkahkan bidak atau maskotnya beberapa petak sesuai dengan angka hasil lemparan dadu.
  7. Pemain yang mendapat angka 6 dari pelemparan dadu, maka pemain tersebut mendapatkan kesempatan sekali lagi untuk melemparkan dan melangkahkan bidaknya lagi.
  8. Semua pemain memulai dari petak nomer 1
  9. Satu pertanyaan bernilai 10 poin.
  10. Bagi pemain yang turun karena berada di petak ekor ular, maka dia akan mendapatkan punishment berupa pengurangan poin (5 poin). Dan pemain yang naik karena di petak tangga, maka dia akan mendapatkan reward berupa bonus poin (5 poin).
  11. Pemenang dari permainan adalah pemain yang mendapat poin tertinggi dari setiap pertanyaan yang diberikan.
  12. Langkah terakhir adalah berilah senyuman dan pujian kepada murid yang telah bermain dengan baik.
Kelebihan media ini sebagai berikut;
  1. Media ular tangga ini sangat efektif untuk mengulang (review) pelajaran yang telah diberikan
  2. Media ini sangat praktis dan ekonomis serta mudah dimainkan.
  3. Dapat meningkatkan antusias siswa dalam menggunakan media pembelajaran ini.
  4. Siswa akan menjawab pertanyaan dengan sungguh-sungguh apabila mereka berhenti di kotak pertanyaan.
  5. Media ini sangat disenangi oleh murid karena banyak terdapat gambar yang menarik dan full colour.
Kelemahan media ini adalah:
  1. Dimungkinkan menimbulkan kejenuhan karena banyaknya pertanyaan yang akan ditemui siswa.
  2. Akan menimbulkan kejenuhan pada siswa yang menunggu giliran permainan.
  3. Keadaan kurang terkontrol akibat kurangnya pengawasan guru dalam proses permainan.
  4. Tanpa pengawasan yang intensif dari guru, siswa dapat mudah terjebak dalam permainan ular tangganya saja tanpa bisa menyerap nilai-nilai atau tujuan digunakan media pembelajaran ini.
  5. Media ini tidak cocok digunakan untuk kelas dengan jumlah siswa yang besar.




1 komentar:

  1. TRAUMA DENGAN AGENT POKER YANG NGAKU NYA TERPECAYA ?ATAU TAKUT BANGKRUT AKIBAT BANYAK MODAL YANG DI KELUAR KAN ?
    HANYA S1288POKER SOLUSI NYA UNTUK MASALAH ANDA YUK SEGERA GABUNG DI S1288POKER AGENT POKER TERPECAYA DI INDONESIA NGAK YAKIN?
    BISA BUKTIKAN SENDIRI KOK S1288POKER NGAK AKAN MEMBUAT ANDA MENYESAL UNTUK BERMAIN DI S1288POKER. (PIN BBM: 7AC8D76B)

    BalasHapus